sharing · Tech

Gojek atau GrabBike ? Anda Pilih Mana?

Warna apa yang paling sering anda lihat ketika berada di jalanan Jakarta akhir-akhir ini? Hijau. Warna hijau merupakan warna utama dari dua aplikasi ride sharing yang menjamur di Jakarta dan kota besar lain yakni Gojek dan GrabBike. Anda tak kan bisa mendahului helm dan jaket hijau ala Gojek dan GrabBike karena pasti ada lagi dan tak ada habisnya. Gojek dan GrabBike merupakan layanan berbasis aplikasi Android dan iOS sehingga pengguna dapat dengan mudah memanfaatkan smartphone untuk melakukan pesanan. Gojek merupakan sebuah aplikasi sendiri dan dinakhodai oleh anak bangsa, Nadiem Makarim. Sedangkan GrabBike merupakan salah satu fasilitas dari aplikasi GrabTaxi yang didirikan oleh Anthony Tan dari Malaysia. Perlu kita tahu bahwa Nadiem dan Anthony ini sama-sama kuliah di Harvard Business School dan keduanya saling mengenal baik. Dengan hadirnya kedua startup ini, masyarakat mendapatkan pilihan baru dalam moda transportasi. Beragamnya promo yang ada kedua aplikasi ini membuat banyak masyarakat yang memilih keduanya untuk pergi ke tempat tujuan. Sebagai contoh, Gojek mempunyai promo dimana pengguna bisa pergi kemana saja dengan biaya hanya 10.000 dengan syarat jaraknya tidak melebihi 25km. Sedangkan GrabBike juga pernah mempromosikan kode yang bisa dipakai untuk bepergian dengan biaya hanya 5000 saja. Banyaknya rider kedua aplikasi ini juga memudahkan pengguna karena waktu datangnya yang relatif cepat. Namun anda juga harus sabar menunggu bila sudah pada waktu-waktu sibuk seperti jam berangkat atau pulang kerja.

Berikut infografis kedua layanan ini yang dikutip dari TechinAsia (Diterjemahkan oleh Pradipta Nugrahanto dan diedit oleh Lina Noviandari; infografis oleh Andre Gunawan)

Gojek vs GrabBike
Gojek vs GrabBike

Hadirnya kedua layanan ini juga tak luput dari kotroversi dimana para rider mendapat perlawanan dari ojek pangkalan di berbagai daerah, bahkan sempat terjadi baku hantam antara pengemudi Gojek dan ojek pangkalan. Bukan hanya masalah itu saja, sisi legalitas dan keamanan moda transportasi ojek yang belum diatur juga menjadi tantangan tersendiri.

Jika GrabBike merupakan bagian dari GrabTaxi yang merupakan layanan Taxi dan hanya bergerak di bidang transportasi, lain halnya dengan Gojek yang berekspansi menjadi layanan antar barang dan juga layanan belanja. Gojek memiliki layanan lain yakni GoShop ,GoFood dan Instant Courrier. GoShop merupakan layanan pembelian barang dimana pengguna dapat ‘meminta’ pengemudi Gojek untuk membelikan barang semisal sembako ke tempat perbelanjaan dan pengemudi Gojek akan membelikan dahulu. Pengguna hanya harus menunggu pengemudi Gojek datang membawa pesanan dan mengganti biaya pembelian barang serta ongkos layanan. GoFood sama seperti GoShop namun khusus untuk makanan dan pembelian di restoran atau warung makan yang diinginkan. Sedangkan Instant Courrier adalah kurir yang dapat pengguna pesan untuk mengantarkan barang layaknya jasa pengiriman barang. Nilai plus dari layanan ini adalah barang yang dikirimkan dapat sampai dengan cepat pada hari itu juga dengan harga terjangkau, berbeda dengan jasa pengiriman barang yang walau dalam satu kota namun menunggu minimal satu hari untuk sampai.

Sebagus apapun sebuah aplikasi, tentu memiliki kelemahan. Pengalaman beberapa rekan yang menggunakan Gojek mengeluhkan waktu tunggu yang lumayan lama dan peta yang kadang kurang sesuai. Sedangkan pengguna GrabBike mengeluhkan pengemudi yang dapat membatalkan pesanan sehingga sudah terlanjur menunggu namun tidak mendapat pesanan yang diinginkan. Selain itu sempat heboh pula para pengemudi yang memanipulasi pesanan dimana mereka memesan sendiri dengan smartphone lain dan mereka ambil sendiri, atau ketika pengguna tidak jadi menggunakan layanan namun tidak membatalkan lewat aplikasi. Untuk Instant Courrier Gojek, juga kurang adanya verifikasi barang yang dikirimkan, apa jadinya jika barang yang dikirim adalah barang-barang yang dilarang semisal narkoba. Semoga tim Gojek dapat menanggulangi masalah-masalah seperti ini.

Yang jelas, hadirnya pilihan aplikasi transportasi ini dapat mempermudah aktivitas masyarakat. Semoga perang keduanya dalam meningkatkan layanan membuat masyarakat semakin nyaman dan aman.

Gojek atau GrabBike? Silakan tentukan sendiri pilihan anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s