Life Story

Sop Ayam Klaten Pak Min yang Melanglang Buana

Bicara masalah Sop Ayam, kotaku lah jawaranya. Bagaimana tidak, hampir di setiap sudut kota ada yang namanya soto ayam dan sop ayam.  Sop ayam Klaten cukup sederhana dilihat dari tampilannya, hanya ayam yang di-pecok atau dipotong-potong lalu direndam dalam mangkok dengan kaldu ayam. Anda bisa memakannya dengan nasi atau dengan memakannya langsung. Namun ada baiknya anda memakannya langsung karena bisa menikmati rasa segar sop dengan puas.

Sop ayam klaten, photo by dedemiu

Ada beberapa warung soto dan sop ayam yang terkenal di Klaten, mulai dari Pak Min, Pak Slamet, Bu Wiro, Pak Paidi dan lain sebagainya namun kebanyakan menggunakan nama sebagai nama warungnya, maklum penamaan ini sederhana tinggal ambil nama pemiliknya aja. Nah yang paling terkenal dan sudah tersebar ke beberapa kota di Indonesia adalah Sop Ayam Pak Min. Jika di Klaten, ada dapat mengunjunginya di jalan Mayor Kusmanto no 23. Menunya beragam pecok ayam mulai dari dada pecok, paha pecok, brutu ( pantat ayam ) pecok, sayap pecok, kepala pecok, serta ceker ayam dan uritan ( telur ayam yang masih dalam rahim ayam ). Jika anda ingin soto campur, di warung Pak Min ini juga menyediakannya. Pak Min mempunyai 4 anak yang masing-masing juga membuka warung sop ayam dengan meneruskan resep dari ayahnya. Tak heran jika akan dijumpai sop ayam Pak Min Klaten dengan nama masing-masing anaknya, mulai dari sop ayam Pak Min (Pak Sipit), sop ayam Pak Min (Pak Mul) sop ayam Pak Min (Pak Tri )dan yang terakhir sop ayam Pak Min (Pak Ragil). Semua asli dari Klaten, dengan resep yang sama, resep yang sudah bertahan hingga setengah abad hingga sekarang. Keempat anak Pak Min ini juga membentangkan sayapnya ke seluruh penjuru Indonesia. Jangan kaget jika anda menemukan Sop Ayam Pak Min di Bandung, Surabaya, Denpasar, Bekasi, Solo, Jogja, Semarang dan lain-lain. Nah untuk anda yang berada di Jakarta, anda bisa menemukan Sop Ayam khas Klaten ala Pak Min ini di daerah Matraman, jika anda berjalan dari arah Kampung Melayu / Jatinegara ke arah Matraman, warung sop ini ada di sebelah kiri tepat sebelum Gramedia.

Untuk di Klaten sendiri, harganya juga sangat ekonomis, harga berkisar antara lima ribu sampai dengan empat belas ribu, namun di kota lain harga menyesuikan. Usut punya usut, Sop Pak Min yang ada di jalan Mayor Kusmanto ini bisa menghabiskan satu kwintal ayam dan 8 bakul gede nasi per harinya, Fantastis. Warung yang mulai buka dari pukul 4 sore sampai dengan 10 malam ini selalu kebanjiran pembeli yang bukan hanya berasal dari Klaten saja, namun dari berbagai kota sekitar yang merelakan mampir untuk menikmati sop ayam ini.

Mungkin kini bisa berharap jika kuliner khas Klaten ini bisa dikenal tak hanya di Indonesia namun juga melanglang buana menapaki negara-negara tetangga hingga seluruh dunia, tak ada yang tak mungkin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s