Others

Isi Bensin Nuang Sendiri? Yuk ke SPBU Pertamina Self Service

Tak seperti biasanya, saya yang sering mengisi bahan bakar motor di SPBU asing Sh*ll, kali ini saya bertandang ke SPBU Pertamina berkode awal 31 yang merupakan resmi milik pertamina. Dan saya menemukan suatu hal yang lain dari biasanya yakni para pengendara memegang noozle sendiri dan menuangkan sendiri bensin ke motor mereka masing-masing. Ternyata SPBU yang saya kunjungi ini menerapkan cara self service bagi para pengendara motor yang ingin mengisi bahan bakar mereka, baik itu premium maupun pertamax. Jika anda penggemar film-film Holywood, anda pasti familiar dengan SPBU seperti ini walau dengan mekanisme yang berbeda.

Pengendara mengisi sendiri kendaraan mereka (images.detik.com)

Akhirnya saya tiba di depan petugas yang langsung bertanya mau isi berapa agar mesin di-setting oleh petugas agar sesuai dengan jumlah yang kita beli. Ketika kita sudah sampai di mesin, ambil noozle dan hati-hati jangan langsung ditekan tuasnya, pastikan angka pada monitor sesuai dengan yang kita beli, dan pastikan counter menunjukkan angka 0. Letakkan corong selang ke tangki motor, kemudian tekan tuasnya agar bensin mengalir dan tahan supaya bensin tidak tercecer. Jangan ragu bertanya kepada petugas jika anda ragu atau tidak bisa mengoperasikannya.

Pertamina Self Service (otomotif.net)

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tahapan/cara pengisian bahan bakar di SPBU Self Service :

Pertama, lakukan pembayaran terlebih dahulu ke petugas SPBU. Setelah itu petugas akan memberikan struk pembelian sesuai jumlah/harga yang konsumen inginkan.

Kedua, melakukan scanning struk yang tadi diberikan petugas. Struk ini berfungsi sebagai alat pengoperasian mesin. (Kalau di mesin non Self Service, biasanya petugas yang memencet tombol angka untuk memulai pengisian bahan bakar. Nah, kalau Self Service, mesin otomatis menampilkan jumlah bahan bakar yang akan diisi).

Ketiga, mulailah mengisi bahan bakar dengan mengarahkan selang ke dalam tangki (setelah scanning struk diterima mesin). Pastikan bahwa sebelumnya selang diangkat dari posisi yang benar. Karena kalau tidak benar, bahan bakar akan tumpah (muncrat) ketika ditekan tuas selangnya.

Keempat, letakan selang dengan benar. Ketika selang diletakkan ke tempatnya, mesin mencetak struk pembelian.

Dan Kelima, Jika terdapat selisih antara yang dibayarkan dengan jumlah pengisian, maka mesin akan mengeluarkan dua struk. Struk pertama berisi jumlah bahan bakar yang keluar dari mesin actual value) dan struk kedua berisi selisih antara pembayaran awal dengan aktual pengisian. Jika terdapat selisih, bawalah kedua struk tersebut ke kasir untuk memperoleh kembalian.

( merdeka.com )

Jika anda ingin mencobanya, anda bisa mengisi bahan bakar kendaraan anda di SPBU berkode 31 di Jalan MT Haryono Jakarta di ruas jalan dari Pancoran menuju Cawang. Mudah dan menarik bukan?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s