Others

Fakta Unik Cara Makan di Indonesia

 

Makan adalah salah satu kebutuhan kita untuk hidup, tanpa makan mungkin kita masih bisa bertahan hidup asal tidak kekurangan air, namun kita akan menjadi lemah dan kekurangan nutrisi. Tanpa kita sadari, kebiasaan makan berikut ini secara alamiah telah membudaya di kehidupan masyarakat di Indonesia. Berikut ini beberapa kebiasaan makan yang mungkin tidak semua orang di negara lain merasakannya:

 

1. Makan Bersama Rasanya Lebih Nikmat

Masyarakat kita mempunyai kebiasaan untuk makan bersama, terbukti banyaknya kebudayaan melalui beberapa adat untuk makan bersama. Seperti perkataan, “Makan gak makan, asal kumpul”, berkumpul bersama teman apalagi kerabat merupakan suatu kesenangan sendiri,  makanan apapun akan terasa lebih nikmat dengan kebersamaan, apalagi jika berkumpul dengan rekan atau kerabat yang sudah lama tidak berjumpa, hati gembira karena cerita nostalgia ataupun keseruan bersama membuat makanan seperti paling lezat di dunia.

 

2. Makanan Paling Enak Dimakan Terakhir

Pernahkah anda makan dan bagian terenak dimakan paling akhir? Ya, hampir semua orang melakukan seperti itu, save the best for the last. Ketika makan bakso dan terdapat bakso yang paling besar maka bakso paling besar inilah yang akan dimakan terakhir. Atau ketika makan ayam goreng K*C lalu menyisihkan kulitnya untuk dimakan terakhir. Dan rasa sakit adalah ketika kita menyisihkan hal ternikmat itu dan ternyata langsung diambil orang lain, serasa bom nuklir akan sebentar lagi meledak.

 

3. Makan Terasa Hambar Tanpa Sambal

Sambal merupakan tambahan makanan favorit orang indonesia, mau makan apapun rasanya kurang jika tanpa sambal, bahkan ada yg rela hanya lauk sambal. Berbagai macam sambal di Indonesia, dari sambal terasi, sambal dabu-dabu, sambal korek, sambal goreng, dan sebagainya. Orang Indonesia ketika pergi keluar negeri mungkin salah satu bekalnya berupa stok sambal agar tetap bisa makan, karena jika di negara-negara lain bisa jadi susah untuk menemukan sambal.

 

4. Belum Makan Jika Belum Makan Nasi

Nasi merupakan makanan pokok yang paling banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Meskipun telah makan singkong, jagung, roti atau makan apapun sampai perut kenyang belum disebut makan jika belum makan nasi. Makan ya makan nasi, kalo belum makan nasi ya belum makan. Filosofi yang sudah mendarah daging di masyarakat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s