Others

Apa sih Uang NKRI itu?

Akhir-akhir ini beredar isu luas di masyarakat mengenai uang NKRI, dan isu ini semakin berkembang dengan rencana pemerintah melakukan redenominasi sehingga tersebar info jika uang NKRI ini lah uang redenominasi yang akan menggantikan uang yang sekarang. Nah, sebenarnya apasih uang NKRI ini, berikut beberapa kutipan berita mengenai uang NKRI ini.

Uang NKRI Diumumkan Presiden pada Pidato Nota Keuangan APBN 2015

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Indonesia akan memiliki desain baru mata uang rupiah, yakni uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Rencananya uang ini akan resmi diluncurkan ke masyarakat pada Senin (18/8/2014).

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Pieter Yakobs mengatakan uang ini akan diluncurkan seiring perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-69 pada 17 Agustus 2014.

“Iya (kami jadi meluncurkan) uang baru. Mulai beredar nanti pada 18 agustus,” jelas dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (12/8/2014).

Namun Peter enggan merinci bentuk, pecahan maupun ciri khas dari uang yang akan menjadi alat penukaran di tanah air ini.

Bank Indonesia, kata dia, akan menerbitkan keterangan pers pada 14 atau 15 agustus yang akan menjelaskan detail tentang uang baru NKRI ini. “Di situ akan dijelaskan ciri khas, nilai awal,” tambah dia.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mengaku telah mencetak puluhan juta lembar uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Deputi Gubernur BI, Ronald Waas mengungkapkan, persiapan yang dilakukan BI untuk menerbitkan uang NKRI sudah hampir selesai. Saat ini, tahap yang sedang dilalui adalah pencetakan.

“Nyetaknya (uang) sudah lama, karena waktu yang dibutuhkan bukan cuma seribu atau dua ribu lembar, tapi kebutuhannya sampai puluhan juta lembar. Dicetak secara bertahap,” tutur dia.

Menurutnya, BI telah mempersiapkan segala sesuatunya terkait penerbitan uang NKRI, mulai dari desain sampai pendistribusian. Namun, saat ini Ronald belum bisa mengungkapkan secara panjang lebar mengenai rinciannya.

Alasannya, penerbitan uang anyar perlu dibarengi dengan keluarnya PBI yang menjadi landasannya. “Nanti kami akan terbitkan PBI yang mengatur lebih detailnya,” ujar dia.

Untuk diketahui penerbitan uang NKRI ini untuk melaksanakan amanat dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 mengenai Mata Uang.

Seusai dengan undang-undang, uang NKRI nanti akan terdapat gambar lambang negara Garuda Pancasila, frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tanda tangan pihak pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan dan Bank Indonesia. (Nrm)

Liputan6.com

Uang NKRI Baru Resmi Beredar pada 18 Agustus

Liputan6.com, Jakarta – Uang baru Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) direncanakan meluncur pada 18 agustus 2014. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang akan mengumumkan secara resmi peredaran uang ini pada Pidato Nota Keuangan APBN 2015di Gedung DPR RI pada 15 agustus 2014.”Nanti uang ini akan disebutkan presiden pada pidatonya di DPR,” jelas Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Pieter Yakobs saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (12/8/2014).Pieter Yakobs mengatakan uang ini akan diluncurkan seiring perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-69 pada 17 Agustus 2014.Namun Peter enggan merinci bentuk, pecahan maupun ciri khas dari uang yang akan menjadi alat penukaran di tanah air ini.Bank Indonesia, kata dia, akan menerbitkan keterangan pers pada 14 atau 15 agustus yang akan menjelaskan detail tentang uang baru NKRI ini. “Di situ akan dijelaskan ciri khas, nilai awal,” tambah dia.Untuk diketahui penerbitan uang NKRI ini untuk melaksanakan amanat dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 mengenai Mata Uang.

Sesuai dengan undang-undang, uang NKRI nanti akan terdapat gambar lambang negara Garuda Pancasila, frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tanda tangan pihak pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan dan Bank Indonesia. (Nrm)

Liputan6.com

 

Nah, uang NKRI ini akan dikeluarkan pemerintah melalui Bank Indonesia pada hari Senin, 18 Agustus 2014 dan hanya akan keluar 1 pecahan saja yakni pecahan 100 ribu rupiah.

Uang NKRI yang Diluncurkan Cuma Pecahan Rp 100 Ribu
Liputan6.com, Jakarta – Banyak masyarakat yang penasaran dengan bentuk uang baru Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bank Indonesia (BI) sendiri belum mau membeberkan secara gamblang tentang ciri fisik uang NKRI ini.

Meski demikian, Direktur Departemen Komunikasi BI Pieter Yakobs saat berbincang dengan Liputan6.com, mengaku jika uang NKRI yang akan diluncurkan baru dalam satu pecahan saja, yakni Rp 100 ribu.

Rencananya uang ini akan mulai beredar pada 18 Agustus 2014 yang terlebih dulu diumumkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada pidato nota keuangan RAPBN 2015 di DPR RI pada 15 Agustus 2014. “Jadi yang akan keluar satu (pecahan) dulu Rp 100 ribu,” jelas dia, Rabu (13/8/2014).

Lalu kenapa hanya satu pecahan?

Pieter mengungkapkan itu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pemerintah untuk mulai mengenalkan secara perlahan uang NKRI kepada masyarakat.

Dia mengatakan, kalaupun tidak ada aturan soal uang NKRI, BI akan tetap meluncurkan uang baru pecahan Rp 100 ribu tersebut dalam versi lama untuk menggantikan mata uang ini yang kondisinya sudah lusuh atau rusak. “Jadi schedule-nya memang satu pecahan,” tegas dia.

Nantinya, dia mengungkap, uang NKRI yang diluncurkan memiliki tingkat keamanan tinggi sehingga akan sulit dipalsukan. Namun dia enggan membeberkan lebih rinci.

Seusai dengan undang-undang, berikut ciri mata uang NKRI secara umum:

  • Gambar lambang negara, Garuda Pancasila.
  • Frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Sebutan pecahan dalam angka dan huruf sebagai nilai nominalnya.
  • Tanda tangan pihak pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan dan Bank Indonesia.
  • Nomor seri pecahan.
  • Terdapat tulisan Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia Mengeluarkan Rupiah Sebagai Alat Pembayaran yang Sah Dengan Nilai….
  • Tahun emisi dan tahun cetak. (Nrm)

(Irna Gustiawati) Liputan6.com

Namun, di masyarakat telah gambar isu pecahan uang yang beredar, namun telah dibantah oleh pihak Bank Indonesia.

Beredar Gambar Uang NKRI Baru, BI Bilang itu Palsu

Liputan6.com, Jakarta – Masyarakat tengah antusias menanti kehadiran uang baru yang disebut uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Belum lagi beredar, kini ramai beredar gambar 3 mata uang yang disebut sebagai uang NKRI yang akan diluncurkan bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-69 pada 17 Agustus 2014.Lantas apakah benar itu uang NKRI yang baru?. Bank Indonesia (BI), instansi yang bertugas mengeluarkan dan mengawasi peredaran uang di Indonesia ternyata membantahnya.

“Itu salah (bukan uang NKRI). Itu uang contoh waktu itu ada slide presentasi konsultasi publik tentang redenominasi,” jelas Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Pieter Yakobs saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (13/8/2014).

Dia mengungkapkan jika uang NKRI baru tidak mengalami pemotongan angka nol seperti yang terlihat pada gambar yang beredar. Memang dari gambar yang beredar, terlihat jika ada pemotongan angka nol yang disebut dengan redenominasi.

Selain itu, kata dia, mata uang NKRI ini akan memiliki nilai yang sama seperti sebelumnya. Saat ini uang yang beredar terdiri dari pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000.

Dia pun meminta masyarakat bersabar untuk mendapatkan uang NKRI ini karena akan segera diedarkan dalam hitungan hari saja.

Seperti diketahui, uang NKRI bisa diperoleh masyarakat terhitung pada 18 agustus 2014. Nilai tukar ini akan diedarkan secara resmi melalui bank, di mana masyarakat dapat memperolehnya melalui penukaran, atau bertransaksi di bank maupun melalui anjungan tunai mandiri (ATM).

Uang NKRI ini akan resmi disebutkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menyampaikan pidato nota keuangan APBN 2015 di Gedung DPR RI pada 15 agustus 2014.

Dia mengatakan, tujuan peredaran uang ini adalah untuk menggantikan uang rupiah yang telah beredar dan kondisinya sudah tak layak menjadi alat tukar lagi seperti lusuh atau robek.
Untuk diketahui penerbitan uang NKRI ini untuk melaksanakan amanat dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 mengenai Mata Uang.

Sesuai dengan undang-undang, uang NKRI nanti akan terdapat gambar lambang negara Garuda Pancasila, frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tanda tangan pihak pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan dan Bank Indonesia. (Nrm)

Liputan6.com

Sah-sah saja jika pemerintah ingin mengeluarkan uang baru untuk menggantikan uang lama, namun dengan akan lebih banyaknya uang yang beredar bisa jadi laju inflasi akan meningkat, dan kita sebagai masyarakat harus bersiap dengan kenaikan harga barang.

4 thoughts on “Apa sih Uang NKRI itu?

    1. sepertinya tidak disertai penarikan namun uang ini lama kelamaan akan hilang sendiri, dengan setoran masyarakat ke bank melalui tabungan misalnya dan bank menukarnya dengan pecaha baru, apalagi budaya bangsa kita yang suka dengan hal hal baru yang sedang jadi tren, pasti sebagian besar masyarakat akan dengan rela menukar uang pecahan lama mereka ke bank

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s