Others

Euforia Piala Dunia 2010

Mulai tanggal 11 Juni kemarin hingga 11 Juli nanti seluruh masyarakat di dunia dihibur oleh pertunjukkan para bintang-bintang sepakbola dunia di Afrika Selatan dalam gelaran FIFA World Cup 2010. Sebuah event yang membuat fenomena tersendiri di masayarakat khususnya teman-teman saya. Mereka yang sebelumnya tak pernah membahas sepakbola ataupun memperbincangkannya tiba-tiba berubah menjadi orang yang histeris ataupun kelihatan paham mengenai sepakbola. Itu terlihat dari status Facebook maupun Plurk dari teman-teman saya selama piala dunia hingga babak semifinal kali ini. Antara senang maupun tidak senang, senang karena banyak yang menyukai sepakbola karena mungkin memang sepakbola merupakan olahraga pemersatu, tidak senang karena kadang ada yang sok tahu padahal gak ngerti juga. Yah itulah hebatnya Piala Dunia, bisa menyihir semuanya.

OK. Kita bahas tentang prediksi di tulisan sebelumnya.

  • Inggris gugur lewat adu penalti. Ramalan ini terbukti benar-benar salah. Inggris takluk di tangan 1-4 lewat permainan memukau dan serangan balik yang cepat. Walaupun pertandingan ini juga disertai penganuliran gol Frank Lampard oleh wasit Jorge Larionda dan hakim garis Espinosa asal Uruguay, namun secara teknis Inggris juga kalah segalanya dari Jerman.
  • Kartu merah lebih dari 19.5.  pada awal turnamen banyak sekali kartu merah yang muncul. Namun seiring wakru, kartu jarang muncul. Wasit banyak yang lebih tegas. Hingga semifinal sudah ada 16 kartu merah termasuk dua kartu kuning di satu pertandingan. namun masih ada dua pertandingan untuk menentukan apakah prediksi ini tepat atau tidak.
  • Spanyol menjadi tim yang paling subur. Mugnkin prediksi ini juga kurang tepat, hingga babak semfinal ini Spanyol baru mencetak 6 gol, kalah dibanding Jerman yang sudah mencetak 13 gol, sulit rasanya melampaui pencapaian gol Jerman.
  • Yunani mengalahkan Korea Selatan. Pertandingan yang terbalik. Korea tampil mengesankan dengan mengalahkan Yunani dan akhirnya melaju ke 16 besar.
  • David Villa mencetak gol di setiap laga penyisihan grup. Prediksi ini juga tidak terjadi dimana Spanyol dengan David Villa-nya tidak mampu menembus pertahanan gerendel Swiss di laga pembuka Grup H.
  • Benua Juara dari Amerika Selatan. Asa ini sempat muncul dimana 4 wakil Amerika Selatan berada di perempat final. Meski sempat memukau di pertandingan grup, pada akhirnya mereka gugur satu persatu oleh wakil Eropa dengan menyisakan Uruguay di semifinal walau akhirnya gagal juga setelah ditekuk Belanda.
  • Juara Baru. Prediksi ini yang sepenuhnya tepat. Dimana telah diprediksi sebelumnya bahwa Belanda atau Spanyol akan menjadi juara baru dan terbukti bahwa dua tim inilah yang akhirnya melaju ke final. Walaupun Belanda sempat kurang meyakinkan permainannya yang sedikit meninggalkan Total Football meski tampil sempurna di penyisihan grup namun mereka membuktikan bahwa mereka pantas masuk final setelah menundukkan Brazil di perempat final. Begitu juga Spanyol, walaupun sempat kalah dari Swiss di pertandingan pertama, kemenangan atas Jerman di semifinal membuat mereka layak diunggulkan.
  • Brazil memenangkan Piala Dunia. Brazil akhirnya takluk oleh Belanda. Brazil sebenarnya bisa mengungguli Belanda asal mereka mau mengontrol emosi mereka. Di samping kepemimpinan Wasit yang kurang tegas.
  • Pantai gading mengalahkan Portugal. Ini juga tidak tercapai dimana hasil pertandingan menjadi  kacamata.
  • Jerman juara dan Klose top skor. Jerman harus memupus impiannya untuk merebut Piala Dunia untuk keempat kalinya setelah terakhir kali menjuarainya di Piala Dunia 1990 Italy. Jerman mengulang 4 tahun lalu dimana merka kalah di semifinal. Namun Miroslav Klose masih memiliki peluang menjadi Top Skor karena masih ada satu pertandingan tersisa. Sampai semifinal Klose telah menyamai rekor Gerd Muller dengan mencetak 14 gol di Piala Dunia.

Prediksi hanyalah sebuah prediksi, kita tidak tahu dan kita tidak bisa mendahului takdir. Menarik untuk disimak apa yang akan terjadi selanjutnya.

Layak kita tunggu juga siapa yang akan menjadi pemain terbaik di Piala Dunia kali ini, sampai babak semifinal ada 4 kandidat yang menurut saya layak menjadi pemain terbaik. Mereka adalah

  • Diego Forlan (Uruguay)
  • Bastian Scheweinsteiger (Jerman)
  • Wesley Snejder (Belanda)
  • Xavi Hernandez (Spanyol)

Dengan melajunya Belanda dan Spanyol maka kandidat mengerucut menjadi Xavi dan juga Sneijder. Tinggal kita tunggu siapa yang akan jadi juara dan nampaknya pemain terbaik ini akan berasal dari tim juara.

Untuk Pemain Muda terbaik nampakanya cuma ada dua kandidat yakni Mesut Ozil (Jerman) dan Thomas Muller (Jerman) dan pemilihan sepertinya lebih condong ke Muller.

Kita tunggu saja apa yang akan terjadi 11 juli nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s