Others

Space Pen: Pena Anti Gravitasi

Akhir-akhir ini saya sedang tergila-gila dengan film 3 Idiots, film yang sangat bagus menurut saya. Ada satu benda yang sangat menarik perhatian saya dalam film itu. Ya, sebuah pena kepunyaan rektor dalam dalam film itu, sebuah pena untuk seorang murid yang sangat pandai. Pena itu adalah pena yang dipakai oleh seorang astronot untuk menulis di ruang angkasa yang tak ada grafitasi.

Pena yang dibawa oleh Viru Shastrabudi

Space pen di 3 Idiots

Saya pun tertarik untuk mencari tahu tentang pena itu. Dan berikut sedikit penjelasannya.

Space Pen (juga dikenal sebagai Zero Gravity Pen), dipasarkan oleh Fisher Space Pen Company, merupakan sebuah pena yang menggunakan tinta kartrid bertekanan dan diklaim untuk menulis di gravitasi nol, terbalik, dalam air, di atas kertas basah dan berminyak, setiap sudut, dan di rentang suhu ekstrim.
The Fisher Space Pen diciptakan oleh pengusaha Amerika dan produsen pena Paul C. Fisher dan diproduksi di Boulder City, Nevada, Amerika Serikat. Paul C. Fisher pertama mematenkan AG7 “anti gravitasi” pena pada tahun 1965. Pena yang diklaim memiliki sebagian atau seluruh kemampuan yang sama juga muncul di pasar dari produsen lain.

Model

Ada dua gaya yang menonjol dari pena: para AG7 “pena astronot”, sebuah pena ditarik panjang dan tipis berbentuk seperti ballpoint biasa, dan pena “Bullet” yang non-retractable, lebih pendek dari ballpoints standar saat ditutup, tapi fullsize ketika tutup ini diposting pada bagian belakang untuk menulis. Satu seperti peluru-gaya Space Pena pada tampilan permanen di New York Museum of Modern Art (MoMA).
Beberapa model Fisher Space Pen (the “Millennium” adalah salah satu) yang diklaim untuk menulis untuk seumur hidup “menggunakan rata-rata”, namun menyatakan literatur produk yang pena akan menulis persis 30,7 mil (sekitar 48,15 kilometer).
Standar Space Pen isi ulang dapat digunakan dalam setiap pena mampu mengambil standar Pen Parker ballpoint Perusahaan isi ulang, dengan menggunakan adaptor plastik kecil yang disertakan dengan setiap isi ulang. Fisher juga membuat isi ulang Space Pen-tipe yang sesuai pena Cross, salah satu yang sesuai dengan gaya tahun 1950-pena PaperMate (atau pena yang menggunakan jenis isi ulang), dan “universal” isi ulang yang sesuai dengan beberapa pena bolpoin lainnya.

Teknologi

Bolpoin ini terbuat dari tungsten carbide dan tepat dipasang untuk menghindari kebocoran. Sebuah float geser memisahkan tinta dari gas bertekanan. Tinta thixotropic dalam kedap udara dan bertekanan reservoir diklaim menulis untuk tiga kali lebih lama dari bolpoin standar. Pena bisa menulis di ketinggian 12.500 sampai dengan kaki (3.810 m). tinta ini dipaksa keluar oleh kompresi udara pada tekanan hampir 35 pound per square inch (240 kPa). Operasi suhu berkisar dari -30 hingga 250 derajat Fahrenheit (-35 hingga 120 derajat Celsius). Pena memiliki umur simpan diperkirakan 100 tahun.

Space Pen

Space Pen

Space Pen

Space Pen

Sumber

4 thoughts on “Space Pen: Pena Anti Gravitasi

  1. Kalau di luar angkasa pena tinta dan ballpoint tidak bisa di gunakan, kenapa astronot tidak mencoba memakai pensil? Bukankah itu bisa menghemat jutaan dolar dan bukankah penemuan penting itu tidak harus menghabiskan biaya yang besar?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s