Others

Bombay Blood Type

Seperti biasa, kegemaran saya menonton film animasi selalu menginspirasi saya seperti sebelum-sebelumnya. Kali ini saya penasaran dengan sebuah golongan darah yang unik dan langka. Kenapa langka? Karena yang memiliki golongan darah ini sangatlah sedikit. Golongan darah ini adalah Bombay Blood Type. Berikut sedikit penjelasan mengenai Bombay Blood Type

Golongan darah Bombay pertama kali di temukan tahun 1952 di Bombay, India (makanya di kasih nama golongan darah Bombay).Golongan darah bombay ini merupakan golongan darah yang tidak memiliki ekspresi antigen sistem ABO dipermukaan sel darahnya. jika diperiksa dengan sistem biasa maka akan muncul golongan darah O namun tidak bisa menerima transfusi dari golongan O karena memang sebenarnya berbeda.Golongan darah type type Bombay adalah golongan darah dengan fenotipe hh atau mereka tidak mengekspresikan antigen H/substansi H (antigen yang terbaca sebagai golongan darah O). Suatu kejadian langka karena presentasi kejadian ini sangat kecil, mengingat substansi H adalah sangat dominan dibanding h. Orang-orang bertipe golongan darah bombay hanya dapat mendapat donor darah dari orang yang memiliki golongan darah type bombay juga, kalau tidak akan terjadi aglutinasi di dalam darah. Presentase kemunuculan golongan darah ini adalah 1:250.000 yang artinya tiap 250.000 orang hanya ada satu orang bergolongan darah Bombay. Jika anda mempunyai golongan darah Bombay sebaiknya anda segera ke PMI dan menyimpan darah anda agar tidak kesulitan jika sewaktu-waktu anda membutuhkan. Yang jelas PMI akan sulit untuk mendapatkan darah dengan tipe ini.

10 thoughts on “Bombay Blood Type

  1. bismillah mhn bantuannya sangat dibutuhkan Bagi yg mengetahui komunitas/punya golongan darah bombay/para bombay, mohon bisa menginfokan ke kami (085725597380) atau ke RS Hermina Jatinegara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s