Others

Kecewa Hasil Kongres Sepakbola Nasional

Sebagai seorang warga negara Indonesia yang mencintai sepakbola, saya sangat senang ketika Presiden SBY menginginkan adanya Kongres Sepakbola Nasional(KSN). Kongres yang digadang-gadang bakal menggusur Nurdin Halid dan peromabakan PSSI ini ternyata berakhir antiklimaks. Banyak yang kecewa dengan hasil rekomendasi KSN, termasuk saya. Hasil yang muncul seolah-olah menjadi “kemenangan” PSSI. Berikut ini hasil rekomendasi kongres yang dibacakan oleh ketua KSN sekaligus pimpinan sidang, Agum Gumelar:

1. PSSI perlu segera melakukan reformasi dan restrukturisasi atas dasar usul, saran dan kritik serta harapan masyarakat, dan mengambil langkah-langkah kongkret sesuai aturan yang berlaku untuk mencapai prestasi yang diharapkan masyarakat.

2. Perlu adanya pembangunan dan peningkatan infrastruktur olahraga khususnya sepakbola.

3. PSSI perlu meningkatkan komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi dengan seluruh stake holder terutama KONI dan pemerintah.

4. Dilakukan pembinaan sejak usia dini melalui penangan secara khusus melalui pendekatan IPTEK, dengan melibatkan tim yang terdiri dari dokter, psikolog, pemandu bakat, dan pakar olahraga, dan perlu segera disusun kurikulum standar nasional untuk penyelenggaraan Sekolah Sepakbola, PPLP dan PPLM sepakbola

5. Metode pembinaan atlet pelajar/muda agar juga memperhatikan pendidikan formalnya.

6. Pemerintah menyediakan anggaran dari APBN dan APBD untuk mendukung dan menunjang target dan pencapaian sasaran untuk menuju prestasi (karena dana APBD masih diperlukan untuk stimulan).

7. Perlu segera disusun dan dilaksanakan program pembinaan prestasi yang fokus kepada pembentukan tim nasional untuk menjadi juara dalam SEA Games 2011.

Adapun butir kedelapan yang tidak jadi ditetapkan sebagai bagian rekomendasi berbunyi: “Pemerintah dan masyarakat perlu mengawal hasil rekomendasi yang konkret, dalam hal ini diminta kepada Presiden RI untuk membentuk Dewan Sepakbola Nasional yang bersifat Independen.”

Hasil kongres itu menurut saya seakan-akan hanya merupakan angin lalu yang tidak akan pernah menggeser Nurdin dari jabatannya. Ini sama saja menambah kekesalan masyarakat terhadap Nurdin. Sekarang tinggal pemerintah saja yang bisa mengambil tindakan. Kita tunggu saja apa yang akan terjadi selanjutnya.

One thought on “Kecewa Hasil Kongres Sepakbola Nasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s