Others

Stradivarius

Akhir-akhir ini saya sedang mengikuti kisah sebuah anime dari negeri sakura yang berjudul GetBackers yang berkisah tentang dua orang pemuda berkekuatan khusus yang bekerja sebagai spesialis pengembali barang atau Retieval Specialist. Pada suatu ketika mereka mendapat pekerjaan untuk mencari sebuah biola yang dicuri dari seorang anak kecil. Biola itu sangatlah berharga karena suranya yang begitu merdu. Biola itu bernama Stradivarius. Akhirnya naluri keisengan saya pun muncul dan mulai mencari informasi tentang biola ini.

Antoni Stradivari with his violin
Stradivarius merupakan sebuah biola yang dibuat oleh anggota keluarga Stradivari, terutama Antonio Stradivari. Biola ini sangat menurut reputasi sangat bagus dan juga nama Stradivarius menunjukkan betapa bagusnya biola ini. Biola ini diperkirakan berjumlah kurang dari 700 buah. Dalam cerita fiksi, detektif terkenal Shelock Holmes pun memiliki biola ini.
Kayu yang digunakan antara lain pohon cemara untuk harmonik atas, willow untuk bagian-bagian internal dan maple untuk bagian belakang, strip dan leher . Ada yang menguga juga bahwa kayu ini diberi dengan beberapa jenis mineral, termasuk kalium borat (boraks), natrium dan kalium silikat, dan vernice bianca, sebuah pernis arab terdiri dari karet, madu dan putih telur. Harga biola ini sangat mahal, sebuah Stradivarius yang dibuat pada 1680-an, atau selama periode Brescian Stradivari’s 1.690-1.700, bisa bernilai ratusan ribu dolar atau lebih pada lelang, pada harga hari ini. Tergantung pada kondisi, instrumen yang dibuat selama periode emas Stradivari yakni 1700-1720 dapat bernilai beberapa juta dolar. Hingga saat inipun masih banyak orang yang memperdebatkan darimana suara merdu biola ini berasal. Banyak yang menduga dari jenis pernis yang dipakai namun ada juga ahli yang mengatakan suara merdu biola ini berasal dari kemurahan langit.

Hanya itulah yang bisa saya sedikit jelaskan mengenai Stradivarius. Jika anda bisa bermain biola dan anda punya uang berlebih, anda boleh mencari biola ini. So tunggu apalagi??

7 thoughts on “Stradivarius

  1. Dulu sempat kepengen banget belajar biola…. Ada tetangga kost suka maen biola malam-malam… Nyaman didengarnya….

    Oya, deskripsi blogroll saya tulis sesuai judul blog ini: botjah irengk gesenk

    kalau tidak berkenan, saya siap hapus asal ada konfirmasi

    trims….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s