Others

Jaringan Telekomunikasi

Apakah itu jaringan telekomunikasi?? Mungkin bagi orang awam (termasuk saya) jaringan telekomunikasi merupakan jaringan yang digunakan oleh banyak orang baik melalui kabel maupun tanpa kabel. Namun ternyata jaringan itu tidak semudah yang kita bayangkan. Rumit, itulah yang ada di pikiran saya ketika menjalani hari pertama magang di PT. Telekomunikasi Indonesia Kancatel Klaten. Dalam pikiran saya, baru di lingkup kecil kabupaten saja begitu rumitnya apalagi kalau se Indonesia atau bahkan sedunia, beuh. Saya yang tidak mempunyai dasar telekomunikasi sama sekali sempat bingung dibuatnya, hanya bisa mlongo (terdiam). Namun setelah berjalannya waktu akhirnya  nyantol juga walaupun hanya sedikit.

Dalam berkomunikasi dengan PSTN atau telepon kabel, terdapat sebuah Sentral yang merupakan pusat dari semua line telepon yang ada di daerah tertentu. Dari Sentral menuju pesawat telepon itu terhubung banyak komponen. Dari Sentral selanjutnya menuju MDF, MDF merupakan penghubung antara kabel ke Sentral dan kabel menuju pesawat telepon. Kabel-kabel di MDF mempunyai susunan nomor-nomor yang akan memudahkan dalm penyusunan dan penanganan dalam jaringan telepon bila ada kerusakan atau ada masalah. Kabel-kabel dibuat berwarna dan juga setiap warna menunjukkan suatu angka. Untuk angka genap selalu menggunakan pasangan warna merah-hitam sedangkan untuk angka ganjil mengunakan kombinasi BOHCA dan putih. Maksudnya adalah untuk nomor ganjil salah satu kabelnya berwarna putih dan yang lain adalah biru untuk 1, oranye untuk 3, hijau untuk 5, coklat untuk 7, dan abu-abu untuk 9 atau untuk lebih memudahkannya biasa disingkat dengan BOHCA (Biru, Oranye, Hijau, Coklat, Abu-abu). Setelah dari MDF kabel-kabel menuju ke Rumah Kabel untuk selanjunya menuju ke DP (Distribution Point) agar selanjutnya dilanjutkan menuju pesawat telepon. Pada MDF biasa disebut dengan jaringan primer sedangkan pada Rumah Kabel disebut jaringan sekunder.

Yah, mungkin itu sedikit yang saya tahu. Mohon maaf karena yang saya utarakan di atas lebih mengacu pada Telkom karena keterbatasan saya, dan juga bila dalam penjelasan saya ada yang salah atau kurang tepat.

Tinggalkan Balasan

