Others

Tentang Java

Sebenarnya postingan ini hanya sebagai pengantar saja, sebagai pengantar bahwa saya akan membahas tentang bahasa pemrograman Java mulai dari sekarang. Sebelum saya mulai membahas tentang Java, saya ingin meminta maaf jika nanti pada saat membahas tentang Java terjadi kesalahan saya mengenai sintaks maupun definisi dan lain sebagainya, karena saya hanyalah orang yang sedang belajar dan sangat nungkin terjadi kesalahan karena tanpa kesalahan kita tidaka akan bisa. Oleh karena itu, jika nanti ada salah-salah dari saya, mohon koreksi dari pembaca sekalian,

Untuk mengawali pembahasan tentang Java kali ini saya hanya akan membahas mengenai sejarah Java dan juga karakateristiknya, sedangkan mengenai struktur dan sintaks saya sambung di lain kesempatan.

SEJARAH JAVA
Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek murni yang berarti setiap program yang ditulis dengan Java seluruhnya akan tersusun atas kelas-kleas termasuk program utamanya. Java diciptakan oleh James Gosling pada tahun 1991 saat bersama dengan Patric Naughton memimpin Sun MycroSystem. Mereka ingin merancang bahas akomputer untuk perangkat consumer seperti cable TV Box. Karena perangkat tersebut tidak memiliki banyak memori maka harus diciptakan bahasa yang berukuran kecil dan memiliki kode program yang fleksibel. Proyek ini diberi kode “Green”. Proyek Green menggunakan virtual machine yang diciptakan oleh Niklaus Wirth untuk mengatasi isu utama netral terhadap arsitektur mesin. Karena orang-orang di proyek Green berbasis C++ bukan Pascal maka kebanyakan sintaks diambil dari C++, serta mengadopsi orientasi object bukan procedural. Konsepnya diwarisi dari C++ dengan menghilangkan bagian-bagian yang sulit dari C++ dan menambahkan beberapa fitur. Mulanya bahasa yang diciptakan diberi nama “Oak” kemudian diganti “Java” karena telah ada bahasa pemrograman bernama “Oak” . Kata Java diambil dari kopi java dan maskot java disebut duke. Produk pertama proyek Green adalah “*7”, sebuah kendali jauh yang sangat cerdas. Java lebih sederhana dan telah mengakomodasikan hampir seluruh fitur penting bahasa-bahasa pemrograman yang ada semenjak perkembangan komputasi modern. Pada tahun 1995, banyak perusahaan mulai membuat browser dengan Java, dimulai oleh NetScape yang kemudian disusul oleh IBM, Symantec, Inprise, bahkan Microsoft. Kemudian Sun membuat Java Development Kit (JDK) untuk pemrograman yang mempunyai beberapa versi. Sun MicroSystem juga menciptakan Java Virtual Machine (JVE) yang selanjutnya berkembang menjadi Java Runtime Environment (JRE).
Karakteristik Java :
• Sederhana (Simple)
Java memiliki sintaks yang mirip dengan C++ namun memiliki perbaikan dalam hal pointer dan multiple inheritance. Java tidak memiliki pointer dan tidak memerlukan file header. Java menggunakan automatic memory allocation dan juga memory garbage collection.
• Berorientasi Objek (Object Oriented)
Java dicipakan sebagai pemrograman berorientasi objek, yaitu bahasa pemrograman yang yang akan memodelkan persoalan dunia nyata dan solusinya ke dalam objek-objek berikut interaksinya antar objek-objek tersebut.
• Terdistrubusi (Distributed)
Java mempunyai pustaka rutin yang mudah dipakai.
• Interpreted
Program dalam Java dikompilasi ke dalam bytecodes yang dikenal dan tidak bergantung pada jenis komputer.
• Robusted
Java memiliki reliabilitas yang tinggi.
• Aman (secure)
Java memiliki mekanisme keamanan yang membuat Java tidak digunakan untuk merusak sistem komputer.
• Architecture neutral
Java memiliki platform independent
• Portable
Program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform lain tanpa harus dikompilasi ulang.
• Performance
Bytecodes dirancang sedemikian sehingga mudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin yang sesuai. Bytecodes diterjemahkan ke dalam bahasa mesin pada saat run time.
• Multithreaded
Java memiliki kemampuan untuk melakukan lebih dari satu pekerjaan sekaligus pada waktu yang sama.
• Dinamis
Dapat beradaptasi dengan pustaka yang ditulis dalam bahasa lain.

2 thoughts on “Tentang Java

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s