Others

Computer Crime (Part 1)

Mungkin seblum saya memulai artikel ini ada baiknya saya mohon maaf dulu bila nanti ada salah-salah kata atau kesalahan informasi karena keterbatasan pengetahuan saya. Karena artikel ini mempunyai beberapa bagian maka saya juga minta maaf atas postingan-postingan setelah artikel ini. Hmmm, kalau dilihat dari judul mungkin banyak yang akan menyimpulkan bahwa artikel ini berat untuk dipahamai. Tapi sebenarnya saya sendiri juga kurang begitu memahami apa yang dimaksud dengan computer crime. Computer crime adalah kejahatan yang dilakukan dengan memanfaatkan komputer. Dalam hal ini lebih terfokus ke dalam jaringan komputer dan salah satunya adalah internet. Artikel ini dan selanjutnya akan memberikan beberapa contoh tentang kejahatan dengan komputer yang lebih terfokus pada dunia maya atau internet. Contoh-contoh yang akan saya tunjukkan kesemuanya adalah film. Mengapa film? Karena saya menganggap film dapat menggambarkan apa yang terjadi sehingga kita tidak harus membayangkan apa yang terjadi.

Film pertama yagn akan dibahas adalah TAKEDOWN. Film ini merupakan penggambaran dari novel yang berjudul sama, dikarang oleh Tsutomu Shimomura dan John Markoff, merupakan pengalaman pribadi dari pengarang sendiri ketika berhadapan dengan Kevin D. MItnick. Mungkin nama terakhir  ini lebih sering terdengar di telinga kita. Ya, dia adalah seorang legenda hacker. Cerita ini bermula ketika Kevin D. Mitnick mendapat tantangan untuk mengetahui sebuah program tentang data telepon dan dia berhasil memperoleh seluruh data yang ada. Diapun akhirnya menjadi buronan. Dalam pelariaannya, Mitnick mengkopi seluruh data personal sehingga dia dapat mencari informasipenting mengenai seseorang. Dia juga mencuri perangkat-perangkat lunak. Dia juga merusak banyak sistem komputer. Nah, dalam pelariannya ini Mitnick tidak sepenuhnya sukses menjalankan aksinya, dia mempunyai musuh yang juga seorang hacker bernama Tsutomu Shimomura. Shimomura merupakan seorang hacker yang khusus bertugas untuk menggagalkan semua aksi dai Mitnick. Mitnick pun tertangkap karena kesalahannya sendiri.

Maaf jika tidak banyak yang dapat saya ceritakan. Namun dari sedikit cerita singkat diatas dapat kita pelajari bahwa tidak semua hacker itu adalah seorang penjahat. Sehingga kita akan mengenal dua macam istilah, yakni hacker dan cracker. Dalam cerita ini Kevin D. Mitnick merupakan seorang cracker, yakni seseorang yang sengaja masuk ke sebuah sistem untuk merusak sistem tersebut. Sedangkan Tsutomu Shimomura merupakan seorang hacker, yakni masuk ke dalam sebuah sistem tanpa merusak sistem tersebut, seorang hacker biasanya hanya membuka sebuah sistem ataupun untuk mengetahui celah-celah yang ada dalam sistem agar dapat menutup celah-celah yang ada. Dan juga hal penting yang ada adalah bahwa sebuah informasi pribadi adalah hal yang sangat penting dalam dunia maya karena mungkin akan menimbulkan niat jahat. Last but not least, dunia maya adalah sebuah hutan rimba dimana banyak binatang buas, so just take a care.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s