Others

Sekilas Tentang Blog

Agak aneh juga ketika membaca judulnya, sepertinya terlambat untuk dipostkan, harusnya posting ini berda di postingan awal. Tapi tak ada gading yang tak retak, hanya sekedar informasi dan juga sharing aja.

Blog, apa itu blog? Sebagai salah satu orang mempunyai blog sendiri, sebenarnya belum ngeh juga mengenai asal usul blog itu sendiri saat pertama kali membuat blog. Pembuatan blog pun hanya diawali dengan keisengan dan juga keingintahuan tentang blog, sesuatu yang membuat saya penasaran karena banyak diperbincangkan orang. Nah sekarang sudah lumayan ngerti, sekedar berbagi siapa tahu ada juga yang seperti saya, ngeblog tapi belum begitu tahu apa itu sebenarnya blog.

  • Sejarah Blog
  • Blog merupakan singkatan dari “web blog” yang merupakan bentuk aplikasi web berupa tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Situs web seperti ini biasanya diakses oleh pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh Pyralab sebelem akhirnya Pyralab diakuisisi oleh Google.com pada akhir 2002. Semenjak itu banyak penyedia aplikasi-aplikasi web untuk para penulis blog semacam WordPress, Multiply, dan lain-lain. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, untuk catatan harian, untuk perdagangan, hingga sebuah kampanye politik. Blog juga dapat digunakan oleh banyak penulis walaupun kebanyakan merupakan penulis tunggal. Ada pula blog yang memungkinkan pengunjung untuk memberikan komentar terhadap tulisan yang dipostkan.
    Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan webblog sering disebut blogosphere. Bila sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besarberulangkali muncul untuk beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu disebut blogstorm atau badai blog.

  • Jenis-jenis blog
  1. Blog pribadi  : Disebut juga buku harian online karena berisi tentang keseharian penulis.
  2. Blog sastra     : Lebih dikenal sebagai liblog (Literary Blog).
  3. Blog hukum   : Persoalan tentang hukum atau urusan-urusan hukum, atau disebut juga blawgs (Blog Laws)
  4. Blog petunjuk (direktori) : Berisi berbagai link ke halaman website
  5. Blog pengganggu : Digunakan untuk promosi bisnis affiliate, dikenal sebagai splogs (Spam Blogs)

Ngeblog sekarang ini hampir setiap waktu dilakukan pemiliknya untuk mengetahui eksistensi pemiliknya. Namun berhati-hatilah saat ngeblog karena mungkin data pribadi anada yang yang tersebar luas.

One thought on “Sekilas Tentang Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s